Program Studi Gizi Universitas Mohammad Natsir Bukittinggi merupakan salah satu program studi di Universitas Mohammad Natsir Bukittinggi yang berada di bawah Yayasan Rumah Sakit Islam (YARSI) Sumatera Barat. Program Studi Ilmu Gizi mulai aktif beroperasi pada bulan September 2015 dengan dikeluarkannya izin penyelenggaraan pada tanggal 16 Oktober 2014 dengan SK DIKTI No. 501/E/O/2014

Visi

Menjadi institusi pendidikan ilmu gizi terbaik di Sumatera pada tahun 2030 yang mampu menghasilkan ahli gizi yang terdepan, kompeten, berakhlakul karimah serta berdaya saing di tingkat Nasional dan Global

Rumusan Visi Dapat Dijabarkan Menjadi

Terbaik menggambarkan Prodi Ilmu Gizi mampu berada pada situasi popular dalam penyelenggaraan pendidikan gizi sesuai dengan standar pendidikan nasional dan kompetensi keahlian tenaga gizi sehingga dijadikan rujukan dan tolak ukur pendidikan gizi di Sumatera tahun 2030.

Terdepan menggambarkan lulusan Ilmu Gizi memiliki potensi, berintegritas tinggi, berkarakter dalam berkarya di instansi pemerintah/swasta dan instansi terkait. Kata terdepan juga memberikan semangat dan tekanan kepada semua civitas akademika dan tenaga kependidikan untuk selalu sekuat tenaga berada di posisi yang lebih baik dibandingkan institusi lain dalam setiap gerak langkah pengelolaan dan capaian.

Kompeten menggambarkan ahli gizi yang memiliki pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan yang konsisten dengan tingkat kinerja yang baik di bidang gizi klinis, komunitas dan industri.

Berakhlakul karimah menggambarkan ahli gizi yang mampu bersikap dan berperilaku dalam membawakan diri berkarya di bidang gizi berlandaskan keimanan kepada Allah SWT, berfalsafah Pancasila dan UUD 1945, nilai inti Bekerja Keras, Ikhlas, dan Cerdas, nilai-nilai terpuji Kenatsiran, memegang teguh etik profesi dalam menjalin hubungan dengan pemerintah, bangsa, negara, masyarakat dan diri sendiri.

Berdaya saing mengandung makna menumbuhkan dan mengembangkan produktivitas dosen, mahasiswa dan tenaga kependidikan dalam meningkatkan keunggulan kompetitif di bidang gizi terkait.

Misi

◦Menyelenggarakan pendidikan ilmu gizi yang bermutu dan Islami, serta menjunjung tinggi etika profesi yang mampu bersaing pada tingkat Nasional maupun Internasional.

◦Mengembangkan dan menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang Gizi Kesehatan dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan.

◦Mengembangkan kerjasama di bidang gizi dengan berbagai pihak yang berkompeten.

◦Mendukung kegiatan mahasiswa sebagai pelaku pemasaran produk gizi dan kegiatan wirausaha.

Tujuan

◦Menghasilkan ahli gizi yang berkualitas dan berakhlak mulia, tangguh dan mampu mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi gizi, humaniora dan etika.

◦Menghasilkan lulusan yang dapat bersaing dalam implementasi dan pengembangan ilmu gizi.

◦Menghasilkan temuan dan inovasi yang mendorong pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi gizi dan humaniora terutama pengidentifikasian dan penanganan masalah gizi.

◦Membantu masyarakat melalui penerapan IPTEK gizi dan etika sesuai dengan potensi alamiah di lingkungannya agar mampu memecahkan masalahnya secara mandiri dan berkelanjutan berdasarkan konsep pemberdayaan masyarakat madani.

◦Menghasilkan ahli gizi yang memiliki standar kompetensi dan keunggulan kompetitif dalam penerapan prinsip pengelolaan sumber daya yang profesional.

◦Mendukung pengembangan jaringan alumni gizi UMN Bukittinggi dengan pelbagai pihak baik di bidang klinik, komunitas dan industri.

◦Meningkatkan kemandirian dalam bidang pengembangan produk gizi dan kewirausahaan.

Profil Lulusan

◦Pengambil keputusan pelayanan gizi.

◦Manajer dan care provider pelayanan gizi.

◦Supervisor pelayanan Gizi.

◦Supervisor pendidikan dan pelatihan gizi.

◦Inspirator gizi di masyarakat (Community Leader).

◦Pelaksana penelitian ilmiah.

Mata Kuliah Unggulan

◦Ilmu Biomedik

◦Ilmu Gizi Manusia

◦Ilmu Pangan

◦Ilmu Manajemen

◦Kelompok Humaniora

◦Kelompok Kerja

◦Kelompok Riset

Dosen

◦Faiz Nur Hanum, S.Gz, M.Kes

◦Lilis Suryani, M.Si

◦Fathia Maulida, SKM, MKM

◦Sucita Lestari Natalina, SKM, M.Kes

◦Iza Ayu Saufani, S.Pt, M.Si

◦Gita Adelia Nevara, S.Tp, M.Si

Dosen

◦dr. H. Zulkarnain Agus, MPH, M.Sc, Sp.GK

◦Dr. Helmizar, SKM, M.Biomed

◦Dr. Syahrial, SKM, MKM

◦Dr. Denas Symond, MCN