Kegiatan Webinar Kelas Nagari

Reformasi telah memberikan pengaruh pada perkembangan administrasi publik yaitu untuk menempatkan kembali fungsi aparatur pemerintahan selaku pelayan publik (public servant). Selaku pelayan publik maka secara total penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan, termasuk didalamnya pemerintahan dan pembangunan daerah ditujukan untuk pelayanan terhadap masyarakat. Dengan demikian untuk mencapai tujuan pemerintahan dan pembangunan harus dibarengi dengan peningkatan kinerja pengelolaan pelayanan publik. Dalam konteks otonomi daerah, konsep pengukuran kinerja merupakan salah satu tolok ukur kemampuan aparatur pemerintah daerah (Pemda) dalam melaksanakan kewenangannya.

Nagari merupakan sistem pemerintahan terkecil di Sumatera Barat. Dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik menuntut, aparatur pemerintahan untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dan kemampuannya dalam melaksanaan tata kelola pemerintahan. Di samping itu, masyarakat juga sebagai salah salah pilar pendukung tata kelola pemerintahan yang dapat diberdayakan sehingga adanya peranan dan partisipasi masyarakat dalam mewujudkan demokrasi dan tata kelola pemerintahan yang baik, efektif, dan efisien.

Karjuni Dt. Maani (2010) menyimpulkan kurangnya kemampuan pemerintah nagari mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik disebabkan oleh rendahnya kemampuan subtansial dan prosedural aparatur pemerintah nagari dalam penyelenggaraan fungsi-fungsi pemerintahan dan penguatan kelembagaan. Selanjutnya penelitian Syaiful, dkk (2007) menyimpulkan beberapa masalah yang dihadapi pemerintahan nagari dalam mewujudkann tata kelola pemerintahan di Sumatera Barat diantaranya; a. rendahnya kualitas SDM hampir pada semua kelembagaan yang ada, b. sistem dan prosedur kerja yang belum tertata dengan baik; c. kordinasi dalam pelaksanaan masih lemah;, dan d. rendahnya partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan.

Berdasarkan permasalah di atas, maka aparatur pemerintahan dan Masyarakat Nagari perlu meningkatkan kapasitas yang mereka miliki melalui sekolah aparatur nagari dan masyarakat nagari. Hal ini digagas dengan harapan lulusan mampu mengimplementasikan bidang unggulan tiap peminatan program studi secara professional sehingga tercapai kompetensi aparatur nagari seperti menghasilkan solusi dalam setiap permasalahan nagari yang dihadapi dan peningkatan pembangunan Nagari di Provinsi Sumatera Barat. Maka dari itu Universitas Mohammad Natsir Bukittinggi Mengadakan webinar dengan tema “PENINGKATAN KAPASITAS APARATUR NAGARI MELALUI SEKOLAH APARATUR NAGARI”

Tujuan

Kegiatan ini bertujuan untuk menambah wawasan aparatur pemerintahan dan masyarakat nagari dalam mewujudkan pemerintahan yang baik melalui sekolah nagari yang akan di selenggarakan oleh Universitas Mohammad Natsir Bukittinggi.

Rangkaian Kegiatan

Opening

Rangkaian kegiatan Webinar ini dilaksanakan oleh Prodi Administrasi Publik, Hukum dan Akuntasi Universitas Mohammad Natsir sehubungan dengan adanya kegiatan promosi penerimaan mahasiswa baru Tahun Akademik 2022/2023. Webinar mengangkat tema mengenai “Peningkatan Kapasitas Aparatur
Nagari Melalui Sekolah Aparatur Nagari .


           Di Sumatera Barat sendiri, masih adanya aparatur yang masih berpendidikan SMA sehingga dengan adanya webinar kali ini kan menambah wawasan dan motivasi aparatur nagari untuk melanjutkan pendidikan ke yang lebih tinggi.

Webinar ini dihadiri oleh keynote speaker, yaitu :

  1. Kepala
    Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Prov. Sumatera Barat Amasrul, S.H.
  2. Ulama dan Pembina YARSI SUMBAR Buya H. Masoed Abidin

Keynote Speaker Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Provinsi Sumatera Barat Mengucapkan terima kasih kepda Universitas Mohammad Natsir Sudah membuka peluang yang sangat besar untuk aparatur nagari dalam meningkatkan kemampuannya. Kerjasama yang dilakukan oleh Perguruan Tinggi dengan Pemerintah Daerah merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat yang di berikan oleh perguruan tinggi. Program sekolah nagari ini dapat mencerdaskan anak nagari dan perangkat nagari. Program ini merupakan hal yang baru di Sumater Barat. Pemerintah mendukung program Satu Rumah Satu Sarjana.

Kemudian dilanjutkan dengan materi dari 4 Narasumber yang sudah hadir untuk mengisi acara Webinar ini, yaitu :

  1. Wali Nagari Bukik Batabuah/Ketua DPD KNPI Bukittinggi Bapak Firdaus
  2. Ketua Bamus Nagari/ Ketua PABPDSI Bapak Hendy Tirta Bahari, ST
  3. Wali Nagari Pasia Laweh/Ketua Forwana Prov. Sumatera Barat Zul Arfin Dt. Parpatih, S. Sos., M.M
  4.  Kabid Pemerintahan Nagari Bapak Defrianto Boy, S.Pd., M.Pd
Sesi Tanya Jawab
Foto Bersama Peserta Webinar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *